Selasa, 23 Mei 2017

Pencatatan saldo awal fixed asset di software akuntansi Accurate

Pencatatan saldo awal fixed asset di software akuntansi Accurate

pada kesempatan  kali ini saya akan menyajikan posting artikel tentang Pencatatan saldo awal fixed asset di software akuntansi accurate, sebelum masuk ke topic pembahasan mengenai Pencatatan saldo awal fixed asset di software akuntansi accurate, secara garis besar kekayaan yang dimiliki suatu perusahaan yang memiliki wujud  / bentuk fisik yang digunakan untuk operasional perusahaan dan memiliki unsur / manfaatnya.pada akhir manfaatnya asset tersebut bisa dibuang / diganti dengan nilai yang didasarkan pada kemampuan perusahaan dalam memperoleh hak haknya yang sah atas pemanfaatan aktiva penggunaannya lebih dari satu tahun, berikut beberapa definisi pengertian aktiva tetap yang saya sadur menurut para ahli dari berbagai sumber

 Pengertian Aktiva Tetap atau Fixed Asset Menurut Para Ahli

 Menurut Donald E. Kieso, Jerry J. Weygandt, Terry D.Warfield (2007 : 31)


Pengertian aktiva tetap adalah Aktiva yang diperoleh untuk digunakan dalam operasi perusahaan bukan untuk dijual kembali, memiliki sifat jangka panjang dan biasanya harus disusutkan.
  

Pengertian Aktiva Tetap menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.16 (2015)

Aset  tetap  adalah  aset  berwujud  yang  penggunaanya lebih dari satu periode (satu tahun) dan dimiliki oleh perusahaan untuk digunakan dalam proses produksi atau penyediaan barang dan jasa, untuk disewakan kepada pihak lain atau untuk tujuan administratif.
  
Karakteristik Fixed Asset ( Aktiva Tetap)

Asset tetap memiliki beberapa Karakteristik yaitu :
  • Mempunyai Wujud fisik
  • Tidak ditujukan untuk dijual lagi
  • Memiliki nilai yang material, harga aset tersebut cukup signifikan contohnya tanah, bangunan, mesin dan kendaraan dll.
  • Memiliki masa manfaat ekonomi lebih dari satu tahun buku dan nilai manfaat ekonominya bisa diukur dengan handal.
  • Aset digunakan dalam aktivitas normal perusahaan (tidak untuk dijual lagi seperti barang dagang/persediaan atau investasi) misal, mobil bagi dealer mobil diakui sebagai "persediaan" bukan aktiva tetap sedangkan bagi perusahaan manufakture mobil diakui sebagai "Aktiva Tetap" bukan persediaan.
 Fixed Asset ( Aktiva Tetap) Berdasarkan Sifatnya dan contohnya

1.Aktiva Tetap Berwujud

Yang dimaksud dengan aktiva tetap berwujud (tangible fixed assets) yaitu merupakan aktiva tetap yang memiliki bentuk fisik, terdapat 3 (tiga) jenis aktiva tetap berwujud, diantaranya seperti di bawah ini:
Yang pertama, Fixed Asset / Aktiva yang merupakan sumber dari penyusutan atau depresiasi, contohnya seperti: bangunan atau gedung, peralatan, kendaraan, inventaris, mesin-mesin produksi dan lain sebagainya



Yang kedua, Fixed Asset / Aktiva yang merupakan sumber dari depresiasi atau penyusutan, contohnya seperti: tambang mineral, mineral deposits atau sumber alam dan lain sebagainya. Sumber alam atau tambang dapat habis melalui kegiatan-kegiatan eksploitasi pada sumber-sumber tersebut, oleh sebab itu sumber alam harus dapat dialokasikan kepada periode-periode yang dimana sumber alam atau tambang tersebut dapat memberikan hasilnya.

Yang ketiga, Fixed Asset / Aktiva yang tidak mengalami penyusutan atau tidak mengalami depresiasi, contohnya seperti: tempat atau tanah dimana bagunan perusahaan di dirikan dan lain sebagainya.

2.Aktiva Tetap Tidak Berwujud

Sedangkan yang dimaksud dengan aktiva tidak berwujud (Intangible Assets) yaitu merupakan aktiva yang tidak memiliki wujud fisik, akan tetapi memiliki manfaat yang besar untuk perusahaan yang dinyatakan dalam bentuk jaminan tertentu, contohnya seperti: hak cipta, hak paten, hak monopoli, biaya untuk riset, merek dagang, biaya untuk mendirikan perusahaan dan lain sebagainya.

Tujuan Penyusunan Laporan Fixed Asset/Aktiva tetap

Tiga Tujuan Penyusunan Laporan Fixed Asset / Aktiva Tetap adalah sebagai berikut :
  • Untuk perhitungan beban penyusutan dalam proses matching.perhitungan tentang biaya yang akan dibebankan dalam perhitungan net income
  • Untuk memberikan intepretasi ekonomis atas fixed asset / aktiva tetap.tujuan kedua dari pelaporan aktiva tetap ini dimaksudkan untuk memberikan indikasi mengenai jumlah kuantitas fisik atau kapasitas produktif yang dimiliki perusahaan
  • untuk menyajikan informasi yang dapat dipakai untuk menduga aliran kas di masa yang akan datang.tujuan ketiga dari pelaporan aktiva tetap ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai kegiatan perusahaan.pengelompokan fixed asset/aktiva tetap memberikan pesan pesan tertentu tentang kegiatan perusahaan, jumlah uang yang ditanamkan dalam aktiva tetap merupakan informasi yang relevan bagi investor dan kreditur karena dapat membantu meramalkan arus kas di kemudian hari dan memberikan indikasi tentang waktu yang tepat bagi perusahaan untuk mengganti fixed asset / aktiva tetap yang dimiliki
untuk membantu dalam memanage dan mencatat aktiva-aktiva yang dimiliki perusahaan, perusahaan juga harus mempunyai data laporan fixed asset / aktiva tetap, laporan keuangan sebagai dasar untuk meramalkan arus kas yang akan datang dan memberikan informasi gambaran waktu yang tepat untuk investasi mengganti fixed asset / aktiva tetap yang dimiliki.untuk hal tersebut Software akuntansi accurate dapat membantu perusahaan untuk memanage dan mencatat aktiva-aktiva yang dimiliki. software akuntansi accurate tidak hanya mencatat aktiva aktiva yang dimiliki akan tetapi dapat memposting secara otomatis untuk melakukan penyusutan tanpa harus menjurnal secara manual, berikut tips n trick bagaimana melakukan pencatatan saldo awal fixed asset di Software akuntansi Accurate.untuk lebih detail mengenai Software akuntansi Accurate Silahkan klik link berikut ini : klik disini

Berikut langkah – langkah yang dilakukan dalam melakukan pencatatan Saldo awal fixed asset di software akuntansi accurate :
  1. Lengkapi Fiscal Fixed Asset Type dari List | Fixed Asset | Fiscal Fixed Asset Type. Fiscal Fixed Asset Type adalah penggolongan penyusutan fixed asset menurut pajak(fiskal) akan menghasilkan perhitungan yang dilaporkan di report Fixed Asset secara fiskal dan juga SPT Badan. Contoh format excel untuk di import dapat di download disini.
  2. Buat Fixed Asset Type dari List | Fixed Asset | Fixed Asset Type, sesuai penggolongan yang diperlukan. Contoh format excel untuk di import dapat di download disini.
  3. Input Daftar Fixed Asset dengan cara (a)input Fixed Asset satu persatu atau (b)Import daftar fixed asset yang dalam format excel seperti dijelaskan langkah nya di video diatas.
Berikut ini langkah-langkah jika dipilih cara input satu persatu fixed asset berikut saldo awal nya ke Daftar Fixed Asset :
  • List(Daftar) – Fixed Asset(Aktiva Tetap) – Fixed Asset List(Daftar Aktiva Tetap), klik New(baru).
  • Asset Type pilih Fixed Asset Type yang sudah kita buat sebelumnya, disini juga menentukan masuk golongan mana Fixed Asset tsb secara fiskal.
  • Purchase Date di isi dengan tanggal beli dan Usage Date diisi dengan tanggal pakai/kapan mulai disusutkan. Seperti contoh pada gambar berikut,


 

  • Halaman General, Estimated Life isi dengan umur ekonomis secara komersial, Depreciation Method isi dengan metode penyusutannya.
  • Asset Account pilih akun fixed asset, Accumulated Depreciation pilih akun Akumulasi Peyusutan dan Depreciation Expense pilih akun biaya penyusutan / amortisasi.
  • Pada halaman Expenditure, pilih akun Opening Balance Equity dan isi Amount sebesar Harga Perolehan fixed asset tsb. Seperti pada gambar berikut ini, sehingga saat di save akan menghasilkan jurnal Asset Account pada Opening Balance Equity sebesar harga perolehan.

 Setelah selesai input atau import daftar Fixed Asset, lakukan Period end untuk periode awal menggunakan ACCURATE untuk menghasilkan jurnal saldo awal Akumulasi Penyusutan secara otomatis.
Mudah Bukan Melakukan Pencatatan Saldo awal Fixed Asset di Software Akuntansi Accurate.
  • Saya **Raditya Fardiansyah  Marketing Senior Di Accurate Bussiness Center di Galaxy Mall , yang sudah berpengalaman kurang lebih 8 tahun menjual Accurate Standart hingga Enterprise. saya menangani sistem pembukuan   perusahaan Trading, Jasa, Kontraktor hingga Manufaktur produksi Furniture. saya melayani penjualan software akuntansi accurate di kota besar seperti Jakarta, surabaya, palu, makassar, balikpapan, kalimantan, sulawesi,banjarmasin, papua hingga timor leste. Apabila Bapak /Ibu Ingin mengetahui Accurate Secara detail Klik Disini



________________________________________

 
Radit  Accurate Busniness Center
Galaxy Mall, Lt.2 Techozone TZ19-20 Surabaya

Telp : 08563401097 ( WA ) ; 081249948791

 

 





Registrasi Rene2, Registrasi Rene2, Registrasi Rene2, Registrasi Rene2, Cara Penggabugan Kolom Excel B, A, Dan C, Cara Penggabugan Kolom Excel B, A, Dan C, Cara Penggabugan Kolom Excel B, A, Dan C, Cara Penggabugan Kolom Excel B, A, Dan C, Cara Penggabugan Kolom Excel B, A, Dan C,Support Accurate  Jakarta ,  Support Accurate  Surabaya ,  Support Accurate  Bandung ,  Support Accurate  Bekasi ,  Support Accurate  Medan ,  Support Accurate  Tangerang ,  Support Accurate  Depok ,  Support Accurate  Semarang ,  Support Accurate  Palembang ,  Support Accurate  Makassar ,  Support Accurate  Tangerang Selatan ,  Support Accurate  Bogor ,  Support Accurate  Batam ,  Support Accurate  Pekanbaru ,  Support Accurate  Bandar Lampung ,  Support Accurate  Malang ,  Support Accurate  Padang ,  Support Accurate  Denpasar ,  Support Accurate  Samarinda ,  Support Accurate  Banjarmasin ,  Support Accurate  Tasikmalaya ,  Support Accurate  Pontianak ,  Support Accurate  Cimahi ,  Support Accurate  Balikpapan ,  Support Accurate  Jambi ,  Support Accurate  Surakarta ,  Support Accurate  Serang ,  Support Accurate  Mataram ,  Support Accurate  Manado ,  Support Accurate  Yogyakarta ,  Support Accurate  Cilegon ,  Support Accurate  Kupang ,  Support Accurate  Palu ,  Support Accurate  Ambon ,  Support Accurate  Sukabumi ,  Support Accurate  Cirebon ,  Support Accurate  Bengkulu ,  Support Accurate  Pekalongan ,  Support Accurate  Kediri ,  Support Accurate  Kendari ,  Support Accurate  Tegal ,  Support Accurate  Binjai ,  Support Accurate  Pematangsiantar ,  Support Accurate  Jayapura ,  Support Accurate  Banda Aceh ,  Support Accurate  Palangkaraya ,  Support Accurate  Probolinggo ,  Support Accurate  Banjarbaru ,  Support Accurate  Pasuruan ,  Support Accurate  Tarakan ,  Support Accurate  Tanjungpinang ,  Support Accurate  Gorontalo ,  Support Accurate  Dumai ,  Support Accurate  Madiun ,  Support Accurate  Batu ,  Support Accurate  Salatiga, Support Accurate  Pangkalpinang ,  Support Accurate  Lubuklinggau ,  Support Accurate  Ternate ,  Support Accurate  Bitung ,  Support Accurate  Tanjungbalai ,  Support Accurate  Tebingtinggi ,  Support Accurate  Metro ,  Support Accurate  Bontang ,  Support Accurate  Padang Sidempuan ,  Support Accurate  Blitar ,  Support Accurate  Lhokseumawe , Support Accurate  Singkawang ,  Support Accurate  Parepare ,  Support Accurate  Langsa ,  Support Accurate  Banjar ,  Support Accurate  Prabumulih ,  Support Accurate  Mojokerto ,  Support Accurate  Magelang ,  Support Accurate  Sorong ,  Support Accurate  Palopo ,  Support Accurate  Bima ,  Support Accurate  Bukittinggi ,  Support Accurate  Bau-Bau ,  , Accurate Jakarta, Accurate Jakarta Pusat, Accurate Jakarta Barat, Accurate Jakarta Timur, Accurate Jakarta Utara, Accurate Jakarta Selatan, Accurate Tanggerang, Accurate Bekasi, Accurate Surabaya, Accurate 5, Nomer Telp Accurate Surabaya 08563401097 pin 53D36C34 Alamat Galaxy mall Technozone Lt II, Saya Radit, Harga Accurate, software acc, software accurate, software, accurate murah , accurate sale , beli , beli accurate , diskon , diskon accurate , harga , Harga Accurate , membeli accurate , murah , pakai accurate murah , potongan , potongan accurate , promo , promo accurate , sale, accurate murah , accurate sale , beli , beli accurate , diskon , diskon accurate , harga , Harga Accurate , membeli accurate , murah , pakai accurate murah , potongan , potongan accurate , promo , promo accurate , sale, accurate murah , accurate sale , beli , beli accurate , diskon , diskon accurate , harga , Harga Accurate , membeli accurate , murah , pakai accurate murah , potongan , potongan accurate , promo , promo accurate , sale, accurate murah , accurate sale , beli , beli accurate , diskon , diskon accurate , harga , Harga Accurate , membeli accurate , murah , pakai accurate murah , potongan , potongan accurate , promo , promo accurate , sale, accurate murah , accurate sale , beli , beli accurate , diskon , diskon accurate , harga , Harga Accurate , membeli accurate , murah , pakai accurate murah , potongan , potongan accurate , promo , promo accurate , sale, accurate murah, accurate sale, Accurate gresik, Accurate sidoarjo,Accurate Semarang,Accurate Kupang, Accurate Solo,Accurate Jogja,Accurate Bali,Accurate Denpasar,Accurate Ntt, Accurate Papua,Accurate Timor Leste